Wednesday, April 3, 2013

Ringkasan Materi Ekonomi : Pasar Modal


Pasar Modal

Pengertian Pasar Modal adalah tempat bertemunya penawaran dan permintaan surat berharga.
        Pasar Modal memiliki beberapa fungsi, yaitu
1.   Fungsi Tabungan (Savings Function)
Fungsi ini merupakan alternatif dari menabung uang di bank atau di rumah, dan membeli emas. Uang juga bisa disimpan dalam bentuk surat berharga.
2.   Fungsi Kekayaan (Wealth Function)
Fungsi ini berfungsi sebagai penyimpan kekayaan dalam surat berharga, dengan kata lain kekayaan yang kita miliki dapat disimpan dalam bentuk surat berharga
3.   Fungsi Likuiditas (Liquidity Function)
Likuiditas adalah kemampuan suatu bentuk kekayaan dicairkan kedalam
bentuk dana segar. Surat berharga dapat dicairkan menjadi bentuk uang dengan mudah di pasar modal. Dengan demikian, pasar modal bisa dikatakan memiliki fungsi likuiditas.
4.   Fungsi Pinjaman (Credit Function)
Perusahaan yang membutuhkan dana dapat menjual efek (surat berharga) ke pasar modal untuk mendapatkan dana dari investor. Dengan adanya investor yang membeli efek tersebut, perusahaan yang menjual efek tersebut mendapatkan dana. Hal tersebut dinamakan fungsi pinjaman.
Pasar modal juga memiliki beberapa manfaat seperti
1.   Pasar modal sebagai sarana pengalokasian dana yang efisien
Pasar modal menyediakan surat berharga yang dapat investor gunakan sebagai alat investasi dan penyimpan kekayaan. Pada situasi yang sama, perusahaan yang membutuhkan dana dapat mendapatkan dana dengan cara menerbitkan surat berharga yang dapat dijual ke pasar modal.
2.   Pasar modal sebagai sarana investasi
Pasar modal dapat mendatangkan keuntungan seperti halnya menabung di bank dan berinvestasi dengan emas. Dengan uang yang kita miliki, kita dapat membeli surat berharga di pasar modal. Jika perusahaan penerbit surat berharga yang kita beli mengalami keuntungan, maka kita juga akan mendapat bagian dari keuntungan tersebut.
3.   Pasar modal sebagai kesempatan untuk memiliki perusahaan berprospek baik
Banyak orang memiliki kelebihan dana. Dana tersebut dapat digunakan untuk membangun sebuah usaha yang menghasilkan uang melalui kewirausahaan. Sayangnya, tidak semua orang mempunyai bakat untuk menjadi seorang wiraswasta yang baik. Dengan adanya pasar modal, kelebihan dana tersebut dapat digunakan untuk ikut memiliki perusahaan yang sudah berprospek baik tanpa harus memulai bisnis dari awal.
4.   Peningkatan Aktivitas Ekonomi Nasional
Dengan adanya pasar modal, perusahaan bisa mendapatkan dana lebih cepat sehingga laju perekonomian juga berjalan lebih cepat. Hal ini akan berperngaruh pada penyerapan tenaga kerja dan pendapatan bagi pemerintah.
5. Pelaksanaan management perusahaan secara transparan dan professional
Dengan adanya investor yang menanamkan sahamnya, maka perusahaan yang menerbitkan saham harus menerapkan management yang professional dan transparan sebagai bentuk tanggung jawab kepada investor.

Jenis Produk Pasar Modal
1.   Saham
Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan. Satuan saham adalah lot, 1 lot berisi 500 lembar saham. Ada 2 bentuk keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi saham. Yang pertama adalah deviden yang didapat dari keuntungan perusahaan. Yang kedua adalah capital gain. Capital gain merupakan keuntungan yang didapatkan dari selisih harga jual dan harga beli saham.
2.   Obligasi
Obligasi adalah surat berharga yang menyatakan bahwa investor pemegang obligasi telah meminjamkan sejumlah uang kepada perusahaan. Keuntungan yang didapatkan dari kepemilikan obligasi adalah bunga dari dana yang telah dipinjamkan kepada perusahaan.
3.   Derivatif (Derivative)
Derivatif merupakan efek yang diturunkan dari efek lain. Di Indonesia ada beberapa jenis derivatif seperti bukti right dan waran
a.   Bukti Right
Bukti right adalah efek yang berfungsi untuk memesan efek terlebih dahulu pada harga yang terlah ditetapkan.  Efek ini memberikan hak bagi investor untuk membeli saham baru yang dikeluarkan emiten.
b.   Warrant
Mirip seperti bukti right, warrant memberikan hak untuk memesan saham pada waktu dan harga tertentu. Warrant menjadi sweetener atau daya tarik penawaran saham, obligasi, dan surat berharga lainnya.
4.   Reksa Dana
Reksa dana merupakan sekumpulan beberapa saham, obligasi, dan surat berharga lainnya yang dibeli oleh investor dan dikelola oleh perusahaan investasi
.
Mekanisme Pasar Modal
Efek yang dijual di pasar modal dijual pada pasar perdana dan pasar sekunder. Ada beberapa perbedaan antara pasar perdana dan pasar sekunder.
1.   Pasar Perdana
Pasar perdana merupakan tempat efek-efek pertama kali diterbitkan sebelum tercatat di bursa efek. Efek dijual secara langsung dan melalui broker oleh emiten kepada investor. Proses ini biasa disebut Penawaran Umum Perdana. Harga efek yang dijual jgua ditentukan oleh emiten.

2.   Pasar Sekunder
Pasar sekunder adalah tempat dimana efek yang telah terdaftar di bursa saham diperjualbelikan. Harga efek yang diperdagangkan di pasar sekunder ditentukan oleh permintaan dan penawaran yang terjadi. Di pasar sekunder, efek diperdangangkan oleh investor kepada investor lain atau dari broker ke investor. Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah Perusahaan Pedagang Efek yang telah mendapat izin. Perusahaan Pedagan Efek menjual dan membeli saham atas perintah jual dan perintah beli dari investor. Permintaan dan perintah dari investor tersebut masuk ke sistem perdagangan efek hanya dengan perintah dari Wakil Perantara Pedagang Efek.

No comments:

Post a Comment